Thursday, June 24, 2010

DAMPAK MEROKOK BAGI REMAJA

Sekarang ini, jaman sudah berubah. Anak-anak jaman sekarang lebih berani untuk melakukan sesuatu yang baru, dalam hal ini adalah merokok. Merokok, kegiatan yang biasa di lakukan oleh orang dewasa. Mungkin masyarakat tidak tahu kalau rokok sangat berbahaya bagi jiwa mereka. Dan yang lebih parahnya, mereka tahu rokok itu berbahaya bagi mereka, tapi mereka tetap menggunakannya.

Kesadaran diri sangatlah penting bagi remaja, karena dengan kesadaran diri, mereka akan tahu mana yang baik untuk di lakukan. Makin bertambah umur, semakin tinggi tingkat kesadaran diri seseorang. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Dengan begitu, maka masa remaja adalah masa yang penting untuk bekal di masa dewasa. Merokok jelas merupakan tindakan yang tidak baik dan bisa menghancurkan masa depan secara tidak langsung. Sebaiknya, orangtua lebih memperhatikan anaknya agar menjauhi perbuatan itu. Mungkin awalnya coba-coba, tapi dampaknya akan berbahaya, bahkan sangat berbahaya jika dibiarkan.

Dampak merokok dapat dibagi menjadi 2, yaitu positif dan negatif. Dampak positif secara umum, yaitu dengan di bangunnya pabrik rokok, maka pengangguran akan berkurang. Dampak negatif nya, khusus bagi remaja adalah akan merusak masa depan dengan penyakit yang akan muncul jika merokok terus menerus. Kedua, misalnya di keluarkan dari sekolah karena merokok dan akan mempermalukan keluarga juga sekolah karena perbuatan merokok. Dan, akan mengganggu orang lain tentunya karena asap. Tentu kita tidak menginginkan semua itu. Jadi, hindari perbuatan merokok.

BY : NABILLA ARETHAFIRY PUTRI 7A

No comments:

Post a Comment